KOMSOS KAP dan Pena Katolik Mengadakan Kursus Fotografi Jurnalistik - ORDO FRANSISKAN SEKULAR

ORDO FRANSISKAN SEKULAR

OFS - Ordo Fransiskan Sekuler - Ordo Ketiga Fransiskan

ORDO FRANSISKAN SEKULAR REGIO KALIMANTAN

test banner

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, March 15, 2018

KOMSOS KAP dan Pena Katolik Mengadakan Kursus Fotografi Jurnalistik

Paulus C. Pati
KOMSOS Keuskupan Agung Pontianak bersama Pena Katolik mengadakan kursus fotografi jurnalistik di Gedung Puspas KAP pada tanggal 14 Maret 2018 dengan menekankan kebenaran dalam pewartaan. Narasumber adalah pimpinan redaksi @praktikum.com yaitu Paul C. Pati bersama puteranya Damianus R. Soni P.

Damianus R. Roni P.
Seorang pewarta berita harus sungguh mengutamakan nilai kebenaran pada tulisan yang akan dinikmati oleh pembaca. Hal ini menjadi tanggung jawab bagi pewarta berita dalam menyajikan fakta yang aktual, tepat dan bermanfaat serta menarik untuk dibaca.

"Seorang wartawan harus mampu menuliskan berita yang menarik agar pembaca berminat membaca dan mengalir dalam tulisan yang anda buat," ungkap Paul Pati.

Hal ini diperjelas kembali ketika Paul Pati memaparkan cara teknis menulis berita yang baik dengan memperhatikan aturan-aturan penulisan. Salah satu hal yang umum dilakukan oleh seorang wartawan adalah memperhatikan W's and H Question. Menurut pria yang pernah bekerja pada perusahaan warta Katolik UCAN ini, sebuah tulisan dikatakan elok dan baik apabila mencakup atau menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Sementara Damianus Roni memaparkan teknis fotografi jurnalistik kepada peserta kursus dengan teori singkat dan pemberian contoh praktis. Seluruh peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias. Gaya penjelasan dari Roni sendiri sangat mudah dipahami. Putera Paul Pati yang saat ini sedang menyelesaikan kuliah pada semester delapan ini mengatakan bahwa seorang fotografer jurnalistik yang baik harus memperhatikan EDFAT untuk menghasilkan foto yang berisi informasi yang menggambarkan alur cerita dari suatu kejadian. 

Pada pukul 20.00 WIB, kursus fotografi jurnalistik selesai dilaksanakan. Para peserta mendapatkan ilmu pengetahuan serat sertifikat sebagai tanda keikutsertaan dalam pembelajaran menjadi seorang jurnalis yang menekankan kebenaran pada tulisannya. KOMSOS KAP tidak berhenti sampai di situ saja, selanjutnya akan dilakukan pertemuan untuk membahas event yang akan dilaksanakan Keuskupan Agung Pontianak dalam rangka JAMNAS SEKAMI yang akan diadakan di Pontianak. Paulus Mashuri selaku ketua KOMSOS KAP berharap para peserta kursus ini dapat mempraktekkan pembelajaran jurnalistik dalam kegiatan tersebut. (Frans)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages